Duo Gitar Akustik ‘DEPAPEPE’

Untuk para penikmat musik dan pecinta musik pasti mengenal Duo gitar akustik asal Jepang ini. Mereka berdua bisa meramu lagu walau hanya dengan dua gitar akustik mereka dan hebatnya mereka memainkannya tanpa adanya vokal. Dengan permainan gitar akustik, mereka seolah-olah bisa menyampaikan emosi didalam lagu yang diciptakan. Siapa sih mereka? Yup, mereka adalah Depapepe.

Depapepe adalah duo gitar akustik asal jepang, nama DEPAPEPE sendiri sebenarnya adalah nama panggilan dari kedua personil tersebut. Depapepe dibentuk pada bulan november tahun 2002, yang dibentuk oleh Miura “depa” Takuya dan sahabatnya sejak kecil Tokuoka “pepe” Yoshinari. Awalnya saya tidak begitu mengetahui Depapepe itu apa, saya tau Depapepe dari teman saya. Waktu itu saya sedang main dirumah salah satu teman saya, dan teman saya itu menyuruh saya untuk mendengarkan lagu-lagu Depapepe. Lagu yang saya dengar pertama kali adalah STAR. Awalnya saya menunggu lagu itu tuk mendengarkan liriknya, tetapi setelah saya tunggu lama kok tidak ada yang menyanyi. Kemudian saya beripikir dan akhirnya menemukan jawabannya, kalau Depapepe itu dalah musik instrumental. Teman saya tidak memmberitahu saya kalau itu musik instrumental. Setelah mendengarkan, ternyata enak juga lagu-lagunya. Kemudian saya mencoba mendengarkan lagu lainnya, ternyata enak-enak untuk didengarkan. Selain STAR saya juga mendengarkan Sky! Sky! Sky!, Kazamidori, Kaze, Fun time, dan banyak lagi lainnya.

Oiya, saya akan sedikit menceritakan tentang perjalanan dari Depapepe yang mereka belum menjadi apa-apa sekarang sudah menjadi musisi ternama.

Miura “depa” Takuya lahir di Kobe pada tanggal 5 maret tahun 1983, dan Tokuoka “pepe” Yoshinari lahir pada tanggal 15 juli 1978. Awalnya mereka memperdengarkan lagu-lagu karya mereka secara live di jalanan. Dari Kobe hingga ke Osaka bahkan sampai di Kyoto, mereka memperdengarkan lagu-lagu mereka secara live di jalan dan bisa mengumpulkan orang-orang atau mampu menarik perhatian orang banyak hanya dengan dua gitar saja, tentunya lagu yang mereka bawakan sangat syarat dengan emosi dan pikiran mereka. Tokuoka yang mempunya bakat dalam menciptakan sebuah melodi selalu memainkan melodi yang sangat cantik. Tidak hanya pandai dalam bermain melodi, ia pun juga mahir dalam memainkan rytm. Sedangkan Mimura yang yang tidak kalah piawai dalam memainkan gitar, secara sensitive ia mengekspresikan diri melalui petikan gitarnya.

Mereka mampu memainkan melodi yang indah dan rhytm yang hebat dan dengan gaya bermain yang energik, lagu mereka dengan mudah bisa mencakup berbagai gender, umur dan jua bahasa. Dan tidak hanya itu, perpindahan dan pertukaran nada yang cepat kemudian permainan yang penuh skill, serta kesinergisan mereka dalam bermain gitar sangat brillian dan mampu menyentuh perasaan walaupun tanpa adanya vokal. Mereka bermain musik sejak masih kecil secar bersamaan, maka sudah tidak heran lagi kalau permainan gitar mereka sangat mumpuni. Petikan gitarnya membuat setiap lagunya terasa lebih hidup dan dapat feel akustinya, kelincahan tangannya dalam memetik gitar saja membuat saya merinding, karena saking bagusnya, kalau boleh saya menyebutnya petikan tangan dewa.

Mereka sempat mengeluarkan 3 album indie, sebelum akhirnya mereka bergabung dengan label Sony Music. Debut mereka pada tahun 2005 dalam album Lets Go!! Berhasil menempatkan Depapepe dalam 10 teratas tangga lagu di Jepang. Oiya, karena terkenalnya mereka, saya sering mendengar lagu-lagu mereka di jadikan back sound disetiap progam di salah satu stasiun televise swasta di Indonesia lho. So, yang belum tau tentang lagu-lagunya Depapepe seperti apa sekali-kali dengerin, lagunya enak-enak kok.

Nih ada Mini konser dan Konser mereka..

chek this out..

6 thoughts on “Duo Gitar Akustik ‘DEPAPEPE’

  1. Sudah lumayan lama sebenarnya saya tahu Depapepe,tapi sampai sekarang,satu lagu pun belum ada yang bisa saya mainkan full,baik melod atau ritemnya. -_-

  2. Hello, I think your blog might be having browser compatibility issues.
    When I look at your website in Opera, it looks fine but when opening in Internet Explorer,
    it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up!

    Other then that, great blog!

Berikan Balasan

